Text
PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK BIDANG PEMERINTAH DI KANTOR KELURAHAN BANGETAYU KULON : STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGETAYU KULON, KECAMATAN GENUK, KOTA SEMARANG
Abstrak
Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009
tentang Pelayanan Publik Bidang Pemerintahan di Kelurahan Bangetayu Kulon,
Pemerintah Kelurahan merupakan penyelenggara pelayanan terendah di dalam
pemerintahan sekaligus sebagai ujung tombak dalam pelayanan prima pada
masyarakat, pelayanan publik pada tingkat kelurahan saat ini dengan era reformasi
dan transparan Kelurahan Bangetayu Kulon banyak mendapat sorotan dari pengguna
jasa layanan yaitu masyarakat, hal ini disebabkan oleh kurangnya kinerja dari aparat
pemerintah kelurahan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang
Pelayanan Publik Bidang Pemerintahan Di Kelurahan Bangetayu Kulon. Informan
dalam penelitian ini adalah pegawai/aparat Kelurahan, Lurah Bangetayu Kulon
Disamping itu, Pelaksanaan di Kelurahan Bangetayu Kulon, maka dibutuhkan lagi
informan lainnya yaitu masyarakat. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan
data sekunder yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan(wawancara) Data
dianalisis dengan menggunakan hasil wawancara dengan pihak Kelurahan maupun
masyarakat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja aparat kelurahan
bangetayu Kulon mendapat respon masyarakat cukup baik dimana hal ini
ditunjukkan dengan adanya komitmen dan kesungguhan aparat dalam melaksanakan
tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan pelayanan publik bidang pemerintahan
dikelurahan Bangetayu Kulon . Serta responsibilitas aparat kelurahan sudah cukup
baik dimanahal ini dapat dilihat dari ketaatan aparat, kedisiplinan dan kepedulian
terjun ke masyarakat dalam kegiatan. Kendala-kendala yang dihadapi dalam
Pelaksanaan Pelayanan publik di Kelurahan Bangetayu Kulon yaitu Pemerintah dan
kemampuan sumber daya manusia (Personal), Masyarakat serta sarana dan prasarana.
Pada Pelaksanaan pelayanan sudah dilakukan upaya-upaya untuk mengatasinya.
Untuk itu perlu penyempurnaan dan kesadaran semuanya agar Pelayanan publik
bidang pemerintahan di Kelurahan Bangetayu Kulon bisa berjalan dengan baik sesuai
dengan yang diharapkan.
Kata Kunci: Kinerja, Pemerintahan Kelurahan, Pelayanan Publik.
Abstract
Implementation of the Law of the Republic of Indonesia Number 25 of 2009
on Public Services Government Sector in Sub Bangetayu Kulon, Government Village
is service providers the lowest in the government as well as the spearhead in excellent
service to the community, the public service at the parish level this time with the era
of reform and Kulon village transparent Bangetayu spotlight many of the services that
the community, this is caused by the lack of performance of the government
apparatus village itself. The purpose of this study is to investigate the implementation
of the Law of the Republic of Indonesia Number 25 Year 2009 on Governance in the
Public Service Sector Bangetayu Kulon village. Informants in this study were
employees / officers village, headman Bangetayu Kulon addition, Implementation in
Bangetayu Kulon village, it takes more other informants that community. Data of this
study consisted of primary data and secondary data obtained directly through field
research (interviews) Data were analyzed by using interviews with the village and the
community. From the results of this study concluded that performance Bangetayu
Kulon village officials received public response is good enough where this is
demonstrated by their commitment and seriousness of officials in carrying out their
duties and functions in the areas of governance of public service dikelurahan
Bangetayu Kulon. As well as the responsiveness of village officials has been good
enough dimanahal can be seen from the apparatus obedience, discipline and caring
plunge into the community in the activities. The obstacles encountered in the
implementation of public services in the Village Kulon Bangetayu the Government
and human resource capacity (Personal), communities and facilities. On the
Implementation of the service have made efforts to overcome them. For that need
improvement and awareness of all that public service in the field of government
Bangetayu Kulon village could go well as expected.
17/FH.USM.SKP/001 | SKP A131130062 | Perpustakaan Fakultas Hukum (SKP 2017) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain