Text
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA KARTU KREDIT DI PT. BANK DANAMON (TBK) KANTOR CABANG SEMARANG
ABSTRACT
The purpose of writing this thesis with the title "Legal Protection Against Credit
Card user’s Customer of Danamon Bank Corp. Ltd, Semarang Branch "is to
inform the readers to know the legal protection of the user customers' credit card
by the laws and agreements in Danamon Bank Corp. Ltd, Semarang Branch along
with issues and solution to solve all the issues. Theoretically, the results of this
study are expected to contribute ideas for the advancement of science in the field of
civil law. In practical terms, the expected results of this study can be material
information, feedback and in-depth explanation for the people who are involved in
matters related to this study, namely regarding the implementation of legal
protection for the customers of credit card users. The method used is the juridical
sociological, wherein in conducting the study authors obtained data through direct
interview to the informant and the research literature on the legislation and books
associated with this research. From the results of this study concluded that the
legal protection of the customers' credit card users Statutory Banking done basing
on Bank Indonesia Regulation No. 14/2 / PBI / 2012 on the implementation of
Activity Based Payment Instrument Card, which is about the licensing procedures
in the issuance of Credit Cards from Bank Indonesia and the conduct surveillance
system security and reliability. Legal protection of the customer’s credit card users
is still not in accordance with the provisions of Article 7 of Law No. 8 of 1999 on
consumer protection which the information given to customers’ credit card users in
the Danamon Bank Corp. Ltd, Semarang Branch which is not fully opened and the
right of restitution that is not regulated clearly in the agreement. Constraints faced
by the credit card associated with the implementation of legal protection of
customers' credit card users in the Danamon Bank Corp. Ltd, Semarang Branch is
in compensation, bills that are sometimes not accepted by credit card holders and product information that is not transparent and a little cover-up.
Keywords: Legal Protection, Customer, Credit Card.
ABSTRAK
Tujuan penulisan skripsi dengan judul “Perlindungan Hukum Terhadap
Nasabah Pengguna Kartu Kredit di PT. Bank Danamon (Tbk) Kantor Cabang
Semarang” agar pembaca dapat mengetahui perlindungan hukum terhadap nasabah
pengguna Kartu Kredit menurut undang-undang dan perjanjian di PT. Bank
Danamon (Tbk) Kantor Cabang Semarang beserta kendala yang dialami dan
penyelesaiannya. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
sumbangan pemikiran untuk kemajuan ilmu pengetahuan dibidang hukum perdata.
Secara praktis, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi,
masukan dan penjelasan yang mendalam bagi masyarakat yang berkecimpung
dalam hal- hal yang berhubungan dengan penelitian ini, yaitu mengenai
pelaksanaan perlidungan hukum bagi nasabah pengguna Kartu Kredit. Metode
pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, dimana dalam melakukan
penelitian penulis memperoleh data melalui wawancara langsung kepada
narasumber dan penelitian kepustakaan dari peraturan perundang- undangan dan
buku- buku yang terkait dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa perlindungan hukum terhadap nasabah pengguna kartu kredit
menurut undang- undang Perbankan dilakukan dengan mendasarkan pada
Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 tentang penyelenggaraan
Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu, yaitu tentang cara
perizinan dalam penerbitan Kartu Kredit dari Bank Indonesia dan cara melakukan
pengawasan keamanan dan keandalan sistem. Perlindungan hukum terhadap
nasabah pengguna Kartu Kredit yang masih belum sesuai dengan ketentuan Pasal 7
Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dimana
informasi yang diberikan kepada nasabah pengguna Kartu Kredit di PT. Bank
Danamon (Tbk) Kantor Cabang Semarang yang tidak terbuka penuh dan hak
penggantian kerugian yang tidak diatur jelas dalam perjanjian. Kendala- kendala
yang dihadapi pengguna Kartu Kredit berkaitan dengan pelaksanaan perlindungan
hukum terhadap nasabah pengguna Kartu Kredit di PT. Bank Danamon (Tbk)
Kantor Cabang Semarang adalah dalam pemberian ganti rugi, surat tagihan yang
terkadang tidak diterima oleh pemegang Kartu Kredit dan informasi produk yang tidak transparan dan sedikit menutup-nutupi .
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Nasabah, Kartu Kredit.
17/FH.USM.SKP/012 | SKP A131130032 | Perpustakaan Fakultas Hukum (SKP 2017) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain